Inilah Hal-Hal Yang Dapat Menyinggung Perasaan Seorang Penderita Disabilitas

Seorang penderita disabilitas patut hidup dengan tantangan yang lebih besar dari kebanyakan orang. Dengan berjenis-jenis kompasiana macam kekurangan jasmani, dia patut dapat menjalani kehidupan sehari-hari secara normal, malahan bila dia kesusahan berjalan, mengontrol sesuatu, atau malah dalam menjalankan hal-hal simpel lainnya. Untungnya, beberapa besar dari mereka pantang menyerah, dan malahan sudah sukses menjadi orang-orang yang berhasil dalam hidup mereka. Oleh sebab itu, banyak sekali orang-orang yang menghormati mereka. Kecuali itu, apabila anda berharap berinteraksi dengan seorang penyandang disabilitas, anda sepatutnya mengenal hal-hal yang bisa menyinggung perasaan mereka. Tentu saja beberapa dari mereka tak gampang murka. Melainkan bila anda berharap bisa memberikan kesan yang bagus terhadap mereka, anda semestinya menghindari hal-hal yang bisa menyinggung perasaan mereka.



Berikut ini yakni hal-hal yang bisa menyinggung perasaan seorang penyandang disabilitas:

Menolongnya secara mendadak tanpa ada komunikasi terutama dulu

Memang niat anda sangatlah bagus kalau anda mau menolong seorang dengan gangguan pengelihatan untuk menaiki sebuah tangga. Tapi, hal ini bisa mengagetkannya atau membuatnya tersinggung jikalau anda menolongnya dengan mendadak tanpa mencoba menawarkannya bantuan anda terpenting dulu. Kami sarankan anda untuk melihat kondisinya dahulu, apakah dia kesusahan atau tak. Sebab beberapa penderita tuna netra telah berlatih dengan bagus untuk berjalan-jalan menyusuri daerah-daerah yang telah mereka ketahui. Tetapi apabila dia benar-benar kesusahan, barulah anda hampiri ia secara bagus-bagus, dan tawarkanlah bantuan anda. Jikalau dia mendapatkan, silahkan anda tolong dengan hati-hati. Tetapi, bila dia menolak, anda tidaklah salah jikalau anda meninggalkannya dan melanjutkan urusan anda.

Memandangi komponen tubuhnya yang tak seperti kebanyakan orang

Seandainya anda menjalankan hal ini terhadap seorang penderita disabilitas, tentu anda dapat dianggap tak sopan olehnya. Kami mengerti kalau anda merasa penasaran perihal keadaan seseorang, dan anda juga berharap tahu penyebabnya. Tetapi, memandanginya secara terus menerus sangatlah tak sopan. Sebaiknya anda konsentrasi kepada perbincangan yang menjadi karena mengapa anda menemuninya pada hari itu. Bayangkan saja, orang hal yang demikian dapat saja menjadi mitra bisnis anda. Tetapi, sebab anda tak memberinya kesan yang bagus, ia tak berkeinginan menjadi mitra bisnis anda lagi di masa depan. Oleh sebab itu, perlakukanlah mereka dengan sopan, dan berbicaralah dengan mereka sepantasnya anda berdialog dengan kebanyakan orang tanpa memandangi komponen tubuh mereka yang mempunyai kekurangan lahiriah.

Mengundangnya ke sebuah acara tanpa memikirkan kondisinya

Apabila anda berkeinginan mengundang seorang penderita disabilitas ke sebuah pesta, anda sepatutnya memikirkan kondisinya dan keadaan daerah anda mengadakan acara hal yang demikian. Apakah daerah hal yang demikian gampang di jalan masuk dengan para pengguna tempat duduk roda atau alat tolong jalan lainnya? Apakah hal ini terlalu besar sehingga akan menyulitkan seseorang dengan gangguan pengelihatan? Pertimbangkanlah hal-hal seperti itu sehingga seorang penderita disabilitas yang anda undang tak tersinggung, dan dia dapat merasakan acara hal yang demikian dengan bersuka ria dan nyaman.